ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN MODEL SMARTPHONE PADA KARAKTER MAHASISWA DI UNIVERSITAS XYZ

Yanthi Charolina, Devi Yurisca Bernanda, Henny Hartono

Abstract


Abstrak. Kemajuan teknologi semakin tidak bisa di bendung dari tahun ke tahun, teknologi semakin pesat baik smartphone maupun komputer di kalangan anak-anak pada usia dini (balita) sampai ke orang dewasa dan bahkan ke kakek nenek yang semuanya menggunakan smartphone untuk berkomunikasi maupun menggunakan komputer untuk berkomunikasi.  Hal yang perlu diperhatikan adalah pendidikan karakter yang harus ditanamkan sejak dini. Pendidikan dalam keluarga yang akan menjadi dasar pondasi karakter dalam berprilaku dan bersikap dalam bermasyarakat. Akan tetapi dengan perkembangan tekhnologi menjadi tantangan dalam sebuah pendidikan karakter. Banyaknya model smartphone yang muncul saat ini, sangatlah menetukan karakter seseorang yang menggunakannya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis pengaruh penggunaan model smartphone terhadap karakter mahasiswa  di Universitas XYZ, (2) Untuk menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan perubahan karakter baik positif maupun negatif mahasiswa/i dan (3) untuk memberikan kontribusi pada orang tua tentang pengaruh model smartphone sehingga orangtua dapat memberikan arahan dalam menentukan model smartphone yang tepat. Secara teoritis dan praktis Metode TAM di kembangkan untuk menjelaskan perilaku pengguna sistem informasi atau teknologi. Metode ini  menempatkan faktor sikap dan tiap-tiap perilaku pemakai dengan konstruk yaitu (perceived usefulness), kemudahan penggunaan (perceived ease of use) dan kondisi nyata pengguna sistem (actual system usage). Perbandingan terhadap hasil analisis akhir kedua metode dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kesuksesan penerapan analisis ini dapat dijelaskan oleh kedua metode dengan melihat perbedaan hasil analisis yang dihasilkan oleh kedua metode.

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.