ANALISIS PENERIMAAN SISTEM E-LEARNING SMK NEGERI 4 KOTA SORONG DENGAN MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

Muhammad Jundullah, Rusydi Umar, Anton Yudhana

Abstract


Abstrak. E-learning merupakan media elektronik yang berfungsi sebagai alat bantu untuk mempermudah siswa dalam menyerap dan mendapatkan materi. Sistem e-learning sendiri sudah diterapkan di SMK Negeri 4 Kota Sorong sebagai alat bantu pembelajaran. Namun penerapan sistem e-learning tersebut membuat siswa perlu membiasakan diri dengan sistem pembelajaran baru yang menggantikan pembelajaran yang sebelumnya. Penelitian tentang analisis penerimaan sistem e-learning di SMK Negeri 4 Kota Sorong ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengukur tingkat persepsi siswa terhadap penerimaan sistem e-learning disekolah. Penelitian ini melibatkan 45 siswa responden jurusan TKJ di SMK Negeri 4 Kota Sorong. Model yang digunakan yaitu technology acceptance model (TAM). Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif dengan menggunakan rentang kategori dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerimaan sistem e-learning SMK Negeri 4 Kota Sorong untnuk persepsi kemudahan pemakaian termasuk kedalam kategori “puas” dengan persentase 80% dan untuk persepsi kegunaan termasuk ke dalam kategori “puas” dengan persentase 80%.

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.