PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI TRIGONOMETRI DENGAN ANDROID

Ade Lukman Nulhakim, Arif Susanto, Ahmad Husain

Abstract


Abstrak. Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya pemahaman konsep dan disposisi matematis siswa pada materi trigonometri dan yang mengedepankan hapalan di bandingkan manfaat dan kegunaan matematisnya. Mempelajari materi trigonometri oleh sebagian siswa dianggap sebagai materi yang menyulitkan karena banyak sekali rumus yang harus di hapal di bandingkan dengan menganggapnya sebagai rangkaian teori matematika mengedepankan konsep. Sebagian siswa menganggap mempelajari trigonometri merupakan bagian yang paling sulit dari berbagai materi matematika yang lain karena untuk menguasai materi tersebut padat akan aturan dan rumus-rumus yang saling terkait satu dengan yang lainnya. Banyak sekali siswa kesulitan bahkan salah dalam menghubungkan aturan trigonometri. Disposisi matematis ialah kemampuan afektif siswa untuk menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, rasa ingin tahu, perhatian, dan minat yang tinggi dalam mempelajari matematika serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah. Sedangkan pemahaman merupakan dasar bagi siswa untuk dapat menguasai matematik. Pemahaman dapat merupakan kesanggupan untuk menyatakan suatu definisi, rumusan, kata yang sulit dengan perhatian sendiri dan apat pula merupakan kemampuan untuk menafsirkan suatu teori, atau melihat konsekuensi atau implikasi meramalkan kemungkinan atau akibat sesuatu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat pengembangkan bahan ajar interkatif berbasis simulasi, bagaimana pencapaian akhir disposisi matematis siswa setelah penggunaan produk, serta bagaimana peningkatan disposisi matematis siswa setelah penggunaan produk. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Uswatun Hasanah Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan Pengembangan (R&D).

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.