PENGEMBANGAN KOMODITAS UNGGULAN DAN INFRASTRUKTUR SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DAN PENGEMBANGAN KAWASAN STRATEGIS KABUPATEN DI KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Siska Amelia

Abstract


Abstrak. Penelitian pengembangan komoditas unggulan dan infrastruktur sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pengembangan kawasan strategis kabupaten di Kabupaten Bengkulu Tengah mempunyai beberapa tujuan, yaitu a) mendeliniasi kawasan yang dijadikan sebagai kawasan strategis kabupaten, b) mengidentifikasi komoditas unggulan kabupaten yang dijadikan sebagai penggrak utama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, c) mengkaji dan menganalisis kebutuhan infrastruktur pendukung dalam pengembangan komoditas unggulan, d) Upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bengkulu Tengah. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perpaduan antara metode kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif digunakan untuk memberikan gambaran tentang kawasan strategis di Kabupaten Bengkulu Tengah, sedangkan metode kuantitatif digunakan untuk menganalisis komoditas unggulan yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Hasil analisis mentukan deniliasi kawasan strategis kabupaten berada pada Kecamatan Pagar Jati, Kecamatan Pematang Tiga dan Kecamatan Bang Haji. Komoditas unggulan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat berdasarkan hasil analisis adalah sawit dan karet. Kebutuhan infrastruktur dalam rangka pengembangan komoditas unggulan sawit dan karet rakyat diantaranya pengadaan dan pengembangan jalan usaha tani dan jalan produksi di lokasi pengembangan komoditas sawit dan karet rakyat, fasilitasi dan pembangunan pasar/sub terminal agribisnis komoditas sawit dan karet rakyat, serta pelatihan dan penyuluhan dalam rangkat peningkatan kemampuan dan pengetahuan petani sawit dan karet untuk meningkatkan produktivitas serta pengembangan produk-produk turunan dari tanaman sawit dan karet rakyat. Dengan adanya produk turunan mampu memberikan nilai tambah kepada petani sawit dan karet serta mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani sawit dan karet.


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.