ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN DENGAN INDEKS KEPUASAN METODE IPA (IMPORTANCE-PERFORMANCE ANALYSIS) (STUDI KASUS PADA TANAMERA COFFEE ROASTERY)

Riana Magdalena, Andri Cakramihardja, Audrey Zebe Agathon, Regina Fortunata Salim, Felicitas Jessica Wong

Abstract


Abstrak: Perkembangan industri kopi dalam gaya hidup masyarakat Indonesia memicu banyaknya berdirinya kedai kopi (coffee shop), Tanamera Coffee Roastery merupakan salah satu kedai kopi yang melakukan keunikan dalam marketting strategy mereka dalam persaingan dalam dunia perindustrian kopi. Sehingga, peneliti merasa perlu melakukan penelitian terhadap coffee shop untuk mengetahui tingkat kepercayaan konsumen dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Faktor-faktor tersebut diantaranya adalah tangibles, reliability, responsiveness, assurance, emphaty. Fungsi dari penelitian ini dilakukan untuk meneliti apakah faktor-faktor tersebut mempengaruhi kepercayaan konsumen sehingga, coffee shop dapat mengetahui langkah selanjutnya untuk meningkatkan kualitas pelayanan di masa yang akan datang. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang telah dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas terhadap 100 responden dengan teknik purposive sampling. Untuk melihat hubungan antara faktor-faktor tersebut dengan kualitas layanan yang diberikan, digunakan metode IPA (Importance-Performance Analysis) untuk menguji hubungan serta pengaruh yang diberikan setiap faktornya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tangibles tidak mempengaruhi kepuasan konsumen, reliability merupakan faktor yang penting sehingga perlu ditingkatkan, responsiveness merupakan faktor yang penting sehingga perlu ditingkatkan, assurance merupakan faktor yang penting sehingga perlu ditingkatkan, dan emphaty merupakan faktor yang tidak penting sehingga tidak perlu terlalu penting memperhatikan faktor berikut.

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.